Pendirian Perseroan Terbatas (UU 40 Tahun 2007)

Langkah-langkah Pendirian Perseroan Terbatas (PT) adalah menentukan poin-poin dan garis besar anggaran dasar yang akan dimuat di dalam sebuah Akta Pendirian notariil dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

Tentukan :

– Nama,
PT harus memiliki nama, minimal 3 kata, PMDN harus Berbahasa Indonesia, PMA boleh memakai Bahasa Inggris.

– Tempat Kedudukan,
Di anggaran dasar dan SK hanya akan tertulis berkedudukan di Kota Administrasi / Kabupaten, akan tetapi guna memperoleh perizinan maka Alamat lengkap harus disertakan dan juga harus merupakan lingkungan yang diperuntukkan untuk usaha/perkantoran. Jika memilih alamat rumah tinggal, maka izin-izin tidak akan diperoleh.

– Maksud dan Tujuan,
Maksud dan Tujuan adalah garis besar usaha PT, akan tetapi setelahnya harus diperinci di dalam Kegiatan Usaha yang sesuai dengan KBLI, akan tetapi KBLI yang ada di Kemenkumham agak berbeda dengan KBLI yang ada di Suku Dinas Perdagangan untuk perolehan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

– Modal Perseroan dan Saham,
Modal perseroan terdiri dari Modal Dasar dan Modal Disetor (ditempatkan). Modal Dasar adalah modal yang dimiliki PT dan minimal 25% dari Modal Dasar harus disetor dan ditempatkan.
Contoh :
Modal Dasar PT adalah Rp. 1.000.000.000,-
Modal Disetor dan Ditempatkan minimal 25% atau Rp. 250.000.000,-.
Maka Modal Disetor dan Ditempatkan inilah yang akan menjadi bagian saham para Pendiri / Pemegang Saham PT.
Misalkan Pendiri / Pemegang Saham PT adalah si A 50% dan B 50%.
Sedangkan Modal Disetor ditentukan Rp. 500.000.000,-, maka bagian saham si A adalah Rp. 250.000.000,- dan si B juga Rp. 250.000.000,-.

Jangan lupa bahwa lembar saham harus ditentukan nominal per lembarnya, misalkan ditentukan per lembar sahamnya adalah Rp. 1.000.000,-, maka si A dan si B masing-masing memiliki 250 lembar saham.

– Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS),
Segala tindakan PT untuk melakukan rencana besar, penggantian susunan direksi dan komisaris, maupun perubahan anggaran dasar (akta) harus melalui mekanisme RUPS. Ada 2 jenis RUPS yaitu yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya disebut juga RUPS Tahunan, yang agendanya merupakan laporan direksi dan komisaris serta hal-hal lain yang disepakati dan RUPS yang dilakukan kapanpun atau RUPS Luar Biasa untuk membahas apapun juga. Untuk menentukan quorum RUPS tidak boleh ditentukan lebih kecil dari UU Nomor 40 Tahun 2007, lebih besar boleh.

– Susunan Direksi dan Komisaris,
Sebuah PT minimal memiliki seorang direktur dan seorang konisaris. Jika direktur lebih dari satu orang, maka salah satu menjadi Direktur Utama. Direktur Utama inilah yang paling dapat mewakili PT dalam perbuatan hukum (dalam batasan tertentu). Komisaris apabila lebih dari satu orang maka salah satu juga menjadi Komisaris Utama, akan tetapi bagaimanapun, komisaris bertindak secara bersama-sama atau Dewan, tidak seperti direksi tadi.
Direksi dan Komisaris memiliki masa jabatan yang setiap habis masa jabatannya entah diangkat lagi atau diganti harus selalu melalui mekanisme RUPS.

– Perizinan PT (lokal / PMDN) Umum :
Segala perizinan PT yang diperlukan selain Akta dan SK Pengesahan Badan Hukumnya adalah :
1. Surat Keterangan Domisili Perusahaan.
2. NPWP.
3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
4. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Jika PT Umum juga memiliki kegiatan usaha yang memiliki izin khusus maka harus pula diurus izin tersebut selain yang di atas, misalkan :
– Jasa Konstruksi harus memiliki SIUJK.
– Travel Biro harus memiliki izin dari Pariwisata.
– Transportasi Barang harus memiliki izin SIUJPT.
– dll.

Demikian sekilas mengenai pendirian Perseroan Terbatas dan garis besar Anggaran Dasar Perseroan. Semoga membantu anda untuk dapat menentukan poin-poin PT yang akan didirikan.

Aditya Putra Patria, SH, MKn
Notaris dan PPAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s