Pembatalan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian

Dan… dibatalkan…

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012, hari ini dibatalkan dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi. Putusan Nomor 28/PUU-XI/2013 dalam amar putusannya antara lain memutuskan sebagai berikut :

  1. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian bertentangan dengan Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945.
  2. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian tidak mempunyai Kekuatan Hukum Mengikat.
  3. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian berlaku untuk sementara waktu sampai dengan terbentuknya Undang-Undang yang baru.
  4. Putusan tersebut dibacakan pada tanggal 28 mei 2014 pukul 09.30 WIB oleh Hakim Ketua : HAMDAN ZOELVA.

(Sumber : Publikasi/Humas Ikatan Notaris Indonesia).

Well… ternyata UU No. 25 berlaku kembali dan itu berarti seluruh modal yang sudah dikonversi dikembalikan lagi ke Simpanan Pokok dan Simpana Wajib Anggota. Agak ribet buat kita Notaris, karena kita masih bingung treat untuk mengembalikan Koperasi yang sudah terbentuk dengan UU No. 17 tersebut.

Salah satu alasan utama kemungkinan digugatnya UU No. 17 di MK adalah bahwa pengertian Koperasi sebagai kumpulan orang-orang digantikan dengan kumpulan Modal yang ngga lain adalah Konsep dari Perseroan Terbatas. Mungkin tadinya niat ini ingin menguatkan Koperasi dari segi permodalan agar dengan Sertifikat Modal Koperasi (SMK) atau Saham Koperasi, anggota tidak selalu serta merta menyatakan keluar dan mengambil Simpanan Pokok dan Simpanan Wajibnya selama ini sehingga jika dilakukan secara masif akan membuat Koperasi collapse.

Akan tetapi, kita juga harus siap dengan konsekuensi awal, yaitu di mana Unit Simpan Pinjam di dalam Koperasi Serba Usaha dapat dikuras habis oleh Unit Usaha lain yang haus akan permodalan. Dan ingat, berdasarkan UU No. 25 tidak ada LPS bagi Unit atau Koperasi Simpan Pinjam, sehingga Koperasi harus bisa menjamin kelangsungan simpanan Anggota di dalam usaha SImpan Pinjam ini.

Selanjutnya sambil menunggu UU yang baru, maka ada baiknya kita ambil hikmah dari adanya UU No. 17 dan UU No. 25 ini karena keduanya adalah produk hukum yang sudah pasti mengalami pembahasan yang cukup matang di Senayan.

9 thoughts on “Pembatalan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian

  1. Bagaimana dengan Anggaran Dasar yang sudah keburu di sesuaikan dengan UU No. 17 ya mas, apakah akan kembali lagi ke Anggaran Dasar yang lama (berdasarkan UU No. 25)? Berlaku otomatis atau perlu dibuat dalam akta tersendiri lagi?

  2. Menjawab dua comments di atas, untuk AD yang telah disesuaikan dengan UU 17, jika belum disahkan maka harus dikembalikan kembali ke UU 25 tahun 1992, jika sudah terlanjur disahkan maka dapat tetap dijalankan karena pembatalan tersebut tidak berlaku surut. Akan tetapi lebih baik jika semua dikembalikan ke pola UU lama karena perbedaan praktik perkoperasian UU 17 dengan UU 25 cukup signifikan.

  3. pembatalan UU No. 17 tahun 2012 brarti masih kontroversi ya mas? karena saya bekerja di koperasi simpan pinjam, yang awalnya merupakan koperasi serba usaha namun setelah ada UU tsb merubah bentuknya menjadi KSP sesuai peraturan menteri yang mewajibkan koperasi berbentuk single purpose. tapi UU tsb sebenarnya membantu KSP untuk mendapatkan anggota baru yang mau menyimpan dananya di KSP, krn UU itu ingin membentuk LPS khusus bagi KSP. keberadaan LPS membuat calon anggota yakin utk menyimpan dananya di KSP mas.

    1. Terima kasih commentnya pak Imam. Ya betul sekali, keberadaan LPS seharusnya tetap dibentuk walau UU 17 dibatalkan. Ke depannya OJK pun akan sangat berperan untuk membina Koperasi Simpan Pinjam.

      1. iya mas, denger-denger juga begitu klo OJK yang akan menjadi lembaga pemerintah untuk membina KSP. ya semoga UU yang terbaru nanti, bisa bermanfaat bagi semua pihak. amin…

      2. Amin pak Imam, sekarang RUUnya sudah dipersiapkan, mari kita saksikan bersama hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s