RUU Koperasi 2012

Hari kemarin ada orang Kementrian Koperasi yang lebih baik tidak disebutkan namanya, memberikan RUU Koperasi terbaru yang telah disahkan di DPR dan tinggal menunggu persetujuan dari Presiden.
Banyak yang baru dari RUU ini dan kelihatannya pemerintah akan semakin mengangkat derajat perkoperasian di Indonesia. Mungkin sudah mulai merasakan manfaat dari berputarnya roda ekonomi yang tadinya dianggap kecil namun stabil karena Koperasilah yang menggerakan roda ekonomi mikro. Manfaat koperasi di Amerika telah sangat terlihat akibat krisis moneter sekitar tahun 2009-2010, saat bank-bank telah jatuh dan banyak likuidasi, koperasi di Amerika tetap stabil dan justru kembali mengangkat keadaan ekonomi menjadi baik dan stabil.
Koperasi di luar negeri tidak bisa diremehkan, contohnya Ace Hardware, yang ternyata berasal dari Illnois (do I spell right?), Amerika Serikat. Rabobank, kesuksesan pertanian New Zealand adalah berkat perannya, cuma sayang yang masuk ke Indonesia adalah divisi retailnya.
Yang baru di RUU ini adalah beberapa hal seperti :
– Dipisahkannya Unit Simpan Pinjam menjadi Koperasi Simpan Pinjam, artinya setiap kegiatan Simpan Pinjam menjadi badan hukum yang baru.
– Adanya penggantian istilah baru yaitu Iuran Pokok dan Iuran Wajib.
– Adanya Saham Koperasi namun tidak mempengaruhi jumlah suara yang berprinsip “one man one vote”.
– Adanya kewajiban penyesuaian anggaran dasar, terutama pemisahan kegiatan simpan pinjam bagi Koperasi yang memiliki simpan pinjam sebagai unit.
Demikian yang baru sepintas gue baca, sementara format anggaran dasarnya masih dalam masa penggodogan dari 5 Notaris terpilih plus Deputi Kelembagaan Koperasi. Semoga dengan adanya UU baru ini, Koperasi tidak lagi menjadi badan usaha berbadan hukum yang ecek-ecek🙂.

Aditya Putra Patria, SH, MKn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s